part of my life

part of my life
suju the last man standing

Selasa, 24 Desember 2013

Tata Hidangan_contoh laporan on the job training di restaurant


LAPORAN
ON THE JOB TRAINING
FOOD & BEVERAGE SERVICE
DI CASA LUNA RESTAURANT AND COOKING SCHOOL
ganeshakecil.gif








Oleh :
Nama : Ni Putu Molina Pebryani
NIS : 10423
Kelas : XII IPA3


SMA PARIWISATA SARASWATI
KLUNGKUNG
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


KATA PENGANTAR
Dengan manjatkan puji syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa, maka penulis dapat membuat dan menyusun laporan on the job training ini.
Sudah tentu dalam pembuatan dan penyusunan laporan ini, penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak, maka dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terimaksih kepada yang terhormat.          
1.      Bapak Drs.I Gusti Made Suberata,M.Ag selaku kepala sekolah SMA Pariwisata Saraswati Klungkung
2.  Bapak Drs.I Dewa Ketut Ngurah Susila, selaku wakil kepala sekolah SMA Pariswiasata Saraswati Klungkung
3.      Ibu Ni Komang Wilianti, A.Md.Bjp selaku pembimbing penulis dalam pembuatan laporan
4.      Bapak Drs. I Ketut Suardana selaku owner Casa Luna Restaurant and Cooking School
5.      Bapak I Ketut Merta  selaku head di Casa Luna Restaurant and Cooking School
6.      Berbagai pihak yang tidak sempat penulis sebutkan satu persatu
Demi kesempurnaan laporan ini, penulis harapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak.


    Semarapura,   Oktober 2013

Penulis

`                                                                                   Ni Putu Molina Pebryani



DAFTAR ISI
Kata Pengantar ………………………………………………………………………………… i
Daftar isi ………………………………………………………………………………………. ii

BAB I             PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang ………………………………………………………….. 1
b.      Tujuan …………………………………………………………………... 1
c.       Manfaat …………………………………………………………………. 2
BAB II                        PEMBAHASAN
a.       Sejarah Tempat  Training ……………………………………………… 3
b.      Fasilitas ……………………………………………………………….... 3
c.       Struktur organisasi umum & department……………………………….. 5
d.      Job schedule…………………………………………………………….. 6
e.       Kegiatan on the job traning……………………………………………..  9
BAB III          PENUTUP
a.       Kesimpulan ……………………………………………………………. 12
b.      Saran …………………………………………………………………….12



BAB I
PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang
Bali merupakan daerah tujuan wisata dunia, banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali, membuat pariwisata di Bali perkembang begitu  pesat. Untuk mengantisipasi kedatangan tamu dan menunjang  kenyamanan para turis selama di Bali maka pihak pemerintah dan swasta berusaha meningkatkan kwalitas dan kwantitas objek serta fasilitas pendukung yaitu salah satunya adalah dengan mendirikan sarana akomodasi seperti hotel dan restaurant. Selain itu untuk mewujudkan pelayanan yang ramah dan profesional, maka diperlukan tenaga kerja yang terampil dalam bidang pariwisata sesuai dengan keahlian masing-masing. Oleh  karena itu  perlu disiapkan tenaga-tenaga yang profesional di industri termasuk tenaga profesional di bidang F & B SERVICE. untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman, setiap orang yang terjun ke dunia pariwisata harus dibekali latihan-latihan atau praktik-praktik di sekolah maupun di industri agar menghasilkan tenaga kerja yang handal, profesional, disiplin dan berwawasan tinggi dalam perkembangan pariwisata dalam era globalisasi saat ini. Untuk menjadi tenaga kerja yang profesional dan handal inilah, maka penulis memerlukan on the job traning.

b.      Tujuan
Tujuan on the job traning ada 2, yaitu :
1.      Tujuan Umum
v  Untuk mendapatkan pengalaman kerja
v  Menerapkan ketrampilan kepariwisataan yang diperoleh di sekolah
v  Untuk menambah wawasan dan pengalaman siswa terhadap   perkembangan nyata dunia industri
2.      Tujuan Khusus
v  Untuk menjadi pelayan professional dibidang F&B service dalam mengantisipasi kedatangan wisatawan ke bali
v  Untuk melatih diri membuat laporan on the job training
c.       Manfaat

v  Agar sekolah dapat mengukur tingkat kemampuan siswa dalam menerima, menerapkan dan mengembangkan teori-teori yang didapat pada lembaga pendidikan.
v  Untuk melihat tingkat keberhasilan lembaga pendidikan dalam mendidik dan melatih para mahasiswa.
v  Dapat menjalin hubungan yang saling menguntungkan dari kedua belah pihak antara hotel atau restaurant dan sekolah
v  Menambah pengetahuan dan memberikan pengalaman dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku sekolah dalam bidang pariwisata
v  Dapat meningkatkan kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab terhadap suatu tugas dalam bidang pariwisata
v  Lebih mengenal bagaimana situasi  dan kondisi kerja di lingkungan industri sesungguhnya


               







BAB II
PEMBAHASAN
a.       Sejarah Tempat Training
Casa Luna Restaurant and Cooking school terletak di Jalan Raya Ubud,Bali. Dekat dengan Puri Lukisan Ubud. Casa Luna berdiri pada 10 juli 1992,  Casa berarti rumah dan Luna berarti bulan. Nama Casa Luna diilhami oleh bulan madu pemilik restaurant ini yakni, bapak Ketut Suardana dan ibu Janeet Deenefe di eropa pada tahun 1991.  Casa luna sendiri merupakan lambang cinta dan mimpi bagi pemiliknya.
Sebuah restaurant bernama lilies, mengawali lahirnya Casa Luna. Lilies beroprasi dari tahun  1987 sampai tahun 1991, yang terletak di jalan monkey forest. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan pariwisata yang pesat di daerah Ubud, pada tahun 1992 Casa Luna pun berdiri menggantikan Lilies Restaurant dan  terletak di Jalan Raya Ubud.
Casa Luna adalah induk dari berbagai cabang perusahaan yang lainnya yang juga terletak di ubud yaitu, Indus restaurant yang terletak di jalan sanggingan, Bar Luna yang terletak di jalan gootama, Honeymoon Guest House yang terletak di jalan bisma, Emporium yang terletak di sebelah Casa Luna dan Cooking school, yang merupakan kelas memasak bagi turis asing yang ingin belajar berbagai makanan khas bali. Sejak berdirinya Cooking School nama Casa Luna oleh pemiliknya diubah menjadi Casa Luna Restaurant and Cooking School.

b.      Fasilitas
1.      Casa Luna memiliki 4 stand, yaitu:
v  Bakery, merupakan stand pertama yang dapat kita jumpai saat memasuki restaurant ini. Stand ini hampir sama dengan stand yang lainnya, di stand ini terdapat 6 table, namum yang membedakan adalah di stand ini terpajang berbagi jenis kue dan roti yang merupakan buatan langsung dari honeymoon bakery, oleh karena itu stand ini dinamakan bakery. Letak restaurant yang berada di seberang jalan raya, dan stand bakery yang merupakan stand pertama membuat tamu yang datang senang berada di stand ini karena dapat melihat lalu lalang pejalan kaki maupun kendaraan yang lewat di depan restaurant ini.
v  Stand A, disini terdapat 13 table. Stand A terletak di sebelah stand bakery. Dari teras stand ini tamu dapat melihat aliran sungai mumbul yang terletak di bawah sebelah selatan stand ini.
v  Stand B, stand B terletak di bawah stand A. tempatnya lebih luas dari pada stand yang lainnya, terdapat 16 tab table. di sisi kiri terdapat sebuah BAR, dan sebuah chasier di sebelah BAR. Di stand ini ada salah satu table yang sangat digemari oleh tamu, karena table ini terletak di teras stand B yang menampilkan pemandangan indah dan sejuk dari gemericik anak sungai mumbul dan pohon bambu  yang banyak tumbuh di sekitarnya.
v  Stand C, stand C tidak sering digunakan, karena biasanya hanya digunakan untuk rapat kecil bagi tamu-tamu tertentu.
              
2.      Fasilitas lainnya, antara lain:
v  Akomodasi, restaurant ini menyediakan akomodasi bagi tamu yang akan pergi ke Indus restaurant, honeymoon guest house, cooking school, ataupun BAR Luna.
v  Di restaurant ini tersedia sebuah BAR, dan Kitchen, dan ruangan untuk meeting.
v  Meeting Room, terdapat 2 ruangan untuk meeting yaitu di sebuah ruangan di sebelah stand C, dan di Movie Room. Movie room dahulunya adalah tempat untuk menonton film, dan diaplikasikan untuk menonton pertandingan piala dunia. Namun saat ini Movie room tidak lagi dipergunaka untuk menonton film. Movie Room adalah ruangan multi fungsi ,selain ruangan khusus untuk menonton, movie room juga sering digunakan untuk rapat antara owner dan para staff.
v  Sunday Jazz Music, Casa Luna juga menyediakan pertunjukan musik jazz untuk para tamu setiap hari minggu, mulai pukul 19.30 Wita sampai pukul 23.00 Wita.


c.       Struktur Organisasi Umun & Departement

 




















d. Job Schedule

Bulan Mei


Tanggal
Shiff
28
M (morning 07.00-15.00)
29
M (morning 07.00-15.00)
30
M (morning 07.00-15.00)
31
M (morning 07.00-15.00)



Bulan juni







Tanggal
Shiff
1
M (morning 07.00-15.00)
2
OFF
3
E (evening 15.00-22.00)
4
E (evening 15.00-22.00)
5
E (evening 15.00-22.00)
6
M (morning 07.00-15.00)
7
M (morning 07.00-15.00)
8
M (morning 07.00-15.00)
9
OFF
10
E (evening 15.00-22.00)
11
E (evening 15.00-22.00)
12
E (evening 15.00-22.00)
13
M (morning 07.00-15.00)
14
M (morning 07.00-15.00)
15
M (morning 07.00-15.00)
16
OFF
17
E (evening 15.00-22.00)
18
E (evening 15.00-22.00)
19
E (evening 15.00-22.00)
20
M (morning 07.00-15.00)
21
M (morning 07.00-15.00)
22
M (morning 07.00-15.00)
23
OFF
24
E (evening 15.00-22.00)
25
E (evening 15.00-22.00)
26
E (evening 15.00-22.00)
27
M (morning 07.00-15.00)
28
M (morning 07.00-15.00)
29
M (morning 07.00-15.00)
30
OFF







Bulan juli
Tanggal
Shiff
1
E (evening 15.00-22.00)
2
E (evening 15.00-22.00)
3
E (evening 15.00-22.00)
4
M (morning 07.00-15.00)
5
M (morning 07.00-15.00)
6
M (morning 07.00-15.00)
7
OFF
8
E (evening 15.00-22.00)
9
E (evening 15.00-22.00)
10
E (evening 15.00-22.00)
11
M (morning 07.00-15.00)
12
M (morning 07.00-15.00)
13
M (morning 07.00-15.00)
14
OFF
15
E (evening 15.00-22.00)
16
E (evening 15.00-22.00)
17
E (evening 15.00-22.00)
18
M (morning 07.00-15.00)
19
M (morning 07.00-15.00)
20
M (morning 07.00-15.00)
21
OFF
22
E (evening 15.00-22.00)
23
E (evening 15.00-22.00)
24
E (evening 15.00-22.00)
25
M (morning 07.00-15.00)
26
M (morning 07.00-15.00)
27
M (morning 07.00-15.00)
28
OFF
29
E (evening 15.00-22.00)
30
E (evening 15.00-22.00)
31
E (evening 15.00-22.00)






Bulan agustus

Tanggal
Shiff
1
M (morning 07.00-15.00)
2
M (morning 07.00-15.00)
3
M (morning 07.00-15.00)
4
OFF
5
E (evening 15.00-22.00)
6
E (evening 15.00-22.00)
7
E (evening 15.00-22.00)
8
M (morning 07.00-15.00)
9
M (morning 07.00-15.00)
10
M (morning 07.00-15.00)
11
OFF
12
E (evening 15.00-22.00)
13
E (evening 15.00-22.00)
14
E (evening 15.00-22.00)
15
M (morning 07.00-15.00)
16
M (morning 07.00-15.00)
17
M (morning 07.00-15.00)
18
OFF
19
E (evening 15.00-22.00)
20
E (evening 15.00-22.00)
21
E (evening 15.00-22.00)
22
M (morning 07.00-15.00)
23
M (morning 07.00-15.00)
24
M (morning 07.00-15.00)
25
OFF
26
E (evening 15.00-22.00)
27
E (evening 15.00-22.00)
28
E (evening 15.00-22.00)
29
M (morning 07.00-15.00)

















































































e. Kegiatan Training
Dalam operasional di restaurant, staff memiliki 2 shift, yaitu :
v  Morning shift : 07.00 – 15.00 Wita
v  Evening shift : 15.00 – 23.00 Wita
Begitu pula dengan seorang trainee, namun khusus bagi seorang trainee. jika trainee mendapatkan shift sore (evening) dia hanya bekerja 7 jam saja.
v  Morning shift : 07.00 – 15.00 Wita
v  Evening shift : 15.00 – 22.00 Wita

Hari pertama penulis di casa luna restaurant di awali dengan briefing dari head, penulis diarahkan bagaimana cara bekerja sesuai dengan standar yang telah di tentukan oleh pihak restaurant.
Urain kegiatan training penulis selama 3 bulan di casa luna restaurant:

·         morning shift. Sebelum restaurant di buka penulis mendapatkan tugas membantu senior preparing di stand yang sudah di tentukan oleh Head, kegiatannya antara lain :
1)      Menyapu lantai.
2)      Mengepel lantai.
3)      Mengelap meja dan kursi serta ditata dengan rapi.
4)      Menaruh table number, vas bungan dan astray di setiap meja.
5)      Mempolish cutleries.
6)      Mengganti tempat salt dan paper, karena tempat salt dan paper terbuat dari daun pisang maka setiap hari harus diganti.
7)      Membuang sampah.
8)      Siap menerima tamu.
Setelah selesai prepare, masing-masing staff dan trainee membagi diri, secara bergantian kami akan mempersiapkan diri agar terlihat rapi dan menarik.
·         Adapun tugas-tugas penulis yang dilakukan saat melayani tamu di restaurant, antara lain :
1)      Greeting the guest, memberikan salam kepada tamu yang datang.
2)      Menanyakan tamu, meja mana yang mereka sukai atau mereka inginkan.
3)      Mengantarkan tamu ke meja yang telah mereka pilih.
4)      Membawakan menu list dan drink list kepada tamu.
5)      Berikan tamu waktu yang cukup  untuk menentukan pilihan makanannya.
6)      Mengorder pesanan tamu, dalam mengorder ambilah dari tamu perempuan terlebih dahulu  namun jika ada yang lebih tua dahulukanlah mereka.
7)      Slip order yang asli di taruh di chasier, sedangkan yang merah di kitchen dan yang biru di BAR.
8)      Menghidangkan minuman terlebih dahulu. Sedangkan untuk makanan akan menyusul. Jika mereka memesan untuk luch dan dinner maka urutkan makanan mulai dari appertizer sampai dessert.
9)      Jika tamu sudah selesai makan, clear up piring dan gelas yang telah selesai digunakan oleh tamu dan di bawa ke steward.
10)  Mengambilkan bill, jika telah di minta oleh tamu. Bill dapat diserahkan menggunakan cover bill.
11)  Bila tamu sudah meninggalkan restoran, bersihkan atau tata kembali meja tamu seperti semula sesuai dengan standar set up yang telah ditenttukan.
12)  Siap menerima tamu kembali.
·         Pergantian shiff
Pergantian shiff dilakukan pada pukul 15.00 wita, biasanya sebelum pulang trainee atau senior yang mendapatkan shiff pagi akan memberi penjelasan terlebih dahulu tentang order tamu yang sedang makan di restaurant kepada senior yang mendapatkan shiff sore.
·         Shiff sore
Kegiatan pada evening shiff sama dengan morning shiff, tapi karena pada evening shiff kita langsung mendapatkan tamu maka kegitan seperti menyapu, mengepel dan mengelap meja harus di lakukan hati-hati. Jika tamu ramai sebaiknya kita tidak dulu melakukan hal-hal tadi karena akan mengganggu kenyamanan tamu.
·         Menerima tamu meeting
Pada tanggal 11 juni, penulis mendapatkan tugas membantu senior untuk menangani tamu yang sedang meeting. Sama dengan menangani tamu seperti biasa, tapi tamu meeting hari itu hanya memesan minuman. Selesai acara meeting penulis dan senior merapikan kembali tempat meeting tadi. Diantaranya adalah mengambil kembali botol-botol dan gelas-gelas sisa minuman dan mengatur kembali meja dan kursi agar rapi kembali.
·         Buffe
Pada tanggal 9 agustus stand B di tutup mulai pukul 12.00-23.00 wita karena akan ada buffe pada hari itu. Persiapan untuk buffe di mulai pukul 12.00 namun penulis hanya ikut dalam beberapa preparing pada saat itu, seperti menyapu dan mengganti vas bunga karena penulis diberikan tanggung jawab untuk membantu senior di stand A. buffe di mulai pukul 19.00, kebetulan pada hari itu penulis mendapatkan morning shiff sehingga penulis tidak mengikuti jalannya acara buffe tersebut.














BAB III
PENUTUP
a.       Kesimpulan
Berdsarkan urain di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa :
-          Hotel ataupun Restaurant merupakan tempat bagi trainee untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan skill kerja sehingga siap memasuki dunia kerja di bidang pariwisata di masa yang akan datang
-          Kegiatan on the job traning adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para siswa karena para siswa dapat membandingkan teori dan praktik yang didapatkan di sekolah maupun di lapangan. 
-          Siswa dapat mengetahui secara langsung tentang bagaimana praktik kerja lapangan dan pekerjaan disebuah industri pariwisata yang begitu pesat.


b.      Saran
1.      Saran kepada sekolah
-          Penggunaan bahasa asing khususnya bahasa inggris didalam penyampaian materi diharapkan lebih ditingkatkan lagi, agar nantinya siswa yang melaksanakan praktik kerja di dunia industri pariwisata mempunyai kemampuan berbahasa asing yang memadai untuk menangani para tamu.

2.      Saran bagi pihak restaurant
-          Diharapkan agar para senior lebih memberikan kesempatan bagi para trainee dalam menangani tamu.
-          Bagi para senior dalam membimbing para traineer sudah cukup baik, namun alangkah baiknya jika senior juga memberikan kepercayaan bagi para traineer untuk bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar