LAPORAN
ON THE JOB TRAINING
FOOD & BEVERAGE SERVICE
DI CASA LUNA RESTAURANT AND COOKING SCHOOL
ON THE JOB TRAINING
FOOD & BEVERAGE SERVICE
DI CASA LUNA RESTAURANT AND COOKING SCHOOL
Oleh
:
Nama : Ni Putu Molina Pebryani
NIS
: 10423
Kelas
: XII IPA3
SMA
PARIWISATA SARASWATI
KLUNGKUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
KLUNGKUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014
KATA
PENGANTAR
Dengan manjatkan puji
syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa, maka penulis
dapat membuat dan menyusun laporan on the job training ini.
Sudah tentu dalam pembuatan dan penyusunan laporan ini, penulis mendapat bantuan
dari berbagai pihak, maka dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak
terimaksih kepada yang terhormat.
1.
Bapak Drs.I Gusti Made Suberata,M.Ag
selaku kepala sekolah SMA Pariwisata Saraswati Klungkung
2. Bapak Drs.I Dewa Ketut Ngurah Susila,
selaku wakil kepala sekolah SMA Pariswiasata Saraswati Klungkung
3.
Ibu Ni Komang Wilianti, A.Md.Bjp selaku
pembimbing penulis dalam pembuatan laporan
4.
Bapak Drs. I Ketut Suardana selaku owner
Casa Luna Restaurant and Cooking School
5.
Bapak I Ketut Merta selaku head di Casa Luna Restaurant and
Cooking School
6.
Berbagai pihak yang tidak sempat penulis
sebutkan satu persatu
Demi
kesempurnaan laporan ini, penulis harapkan kritik dan saran yang bersifat
membangun dari berbagai pihak.
Semarapura, Oktober 2013
Penulis
` Ni
Putu Molina Pebryani
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
………………………………………………………………………………… i
Daftar isi
………………………………………………………………………………………. ii
BAB I PENDAHULUAN
a. Latar
Belakang ………………………………………………………….. 1
b. Tujuan
…………………………………………………………………... 1
c. Manfaat
…………………………………………………………………. 2
BAB II PEMBAHASAN
a. Sejarah
Tempat Training ……………………………………………… 3
b. Fasilitas
……………………………………………………………….... 3
c. Struktur
organisasi umum & department……………………………….. 5
d. Job
schedule…………………………………………………………….. 6
e. Kegiatan
on the job traning…………………………………………….. 9
BAB III PENUTUP
a. Kesimpulan
……………………………………………………………. 12
b. Saran
…………………………………………………………………….12
BAB I
PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang
Bali merupakan daerah tujuan wisata dunia, banyaknya
wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali, membuat pariwisata di Bali
perkembang begitu pesat. Untuk
mengantisipasi kedatangan tamu dan menunjang kenyamanan para
turis selama di Bali maka pihak pemerintah dan swasta berusaha meningkatkan
kwalitas dan kwantitas objek serta fasilitas pendukung yaitu salah satunya
adalah dengan mendirikan sarana akomodasi seperti hotel dan restaurant. Selain
itu untuk mewujudkan pelayanan yang ramah dan profesional, maka diperlukan
tenaga kerja yang terampil dalam bidang pariwisata sesuai dengan keahlian
masing-masing. Oleh karena
itu perlu disiapkan tenaga-tenaga yang
profesional di industri termasuk tenaga profesional di bidang F & B
SERVICE. untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman, setiap orang yang
terjun ke dunia pariwisata harus dibekali latihan-latihan atau praktik-praktik
di sekolah maupun di industri agar menghasilkan tenaga kerja yang handal,
profesional, disiplin dan berwawasan tinggi dalam perkembangan pariwisata dalam
era globalisasi saat ini. Untuk menjadi tenaga kerja yang profesional dan
handal inilah, maka penulis memerlukan on the job traning.
b.
Tujuan
Tujuan
on the job traning ada 2, yaitu :
1. Tujuan
Umum
v Untuk
mendapatkan pengalaman kerja
v Menerapkan
ketrampilan kepariwisataan yang diperoleh di sekolah
v Untuk menambah
wawasan dan pengalaman siswa terhadap
perkembangan nyata dunia industri
2. Tujuan
Khusus
v Untuk
menjadi pelayan professional dibidang F&B service dalam mengantisipasi
kedatangan wisatawan ke bali
v Untuk
melatih diri membuat laporan on the job training
c.
Manfaat
v Agar sekolah
dapat mengukur tingkat kemampuan siswa dalam menerima, menerapkan dan
mengembangkan teori-teori yang didapat pada lembaga pendidikan.
v Untuk melihat
tingkat keberhasilan lembaga pendidikan dalam mendidik dan melatih para
mahasiswa.
v Dapat menjalin
hubungan yang saling menguntungkan dari kedua belah pihak antara hotel atau
restaurant dan sekolah
v Menambah
pengetahuan dan memberikan pengalaman dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh
di bangku sekolah dalam bidang pariwisata
v Dapat meningkatkan
kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab terhadap suatu tugas dalam bidang
pariwisata
v Lebih mengenal
bagaimana situasi dan kondisi kerja di
lingkungan industri sesungguhnya
BAB
II
PEMBAHASAN
a. Sejarah
Tempat Training
Casa Luna
Restaurant and Cooking school terletak di Jalan Raya Ubud,Bali. Dekat dengan
Puri Lukisan Ubud. Casa Luna berdiri pada 10 juli 1992, Casa berarti rumah dan Luna berarti bulan.
Nama Casa Luna diilhami oleh bulan madu pemilik restaurant ini yakni, bapak
Ketut Suardana dan ibu Janeet Deenefe di eropa pada tahun 1991. Casa luna sendiri merupakan lambang cinta dan
mimpi bagi pemiliknya.
Sebuah
restaurant bernama lilies, mengawali lahirnya Casa Luna. Lilies beroprasi dari
tahun 1987 sampai tahun 1991, yang
terletak di jalan monkey forest. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan
pariwisata yang pesat di daerah Ubud, pada tahun 1992 Casa Luna pun berdiri
menggantikan Lilies Restaurant dan
terletak di Jalan Raya Ubud.
Casa Luna
adalah induk dari berbagai cabang perusahaan yang lainnya yang juga terletak di
ubud yaitu, Indus restaurant yang terletak di jalan sanggingan, Bar Luna yang
terletak di jalan gootama, Honeymoon Guest House yang terletak di jalan bisma,
Emporium yang terletak di sebelah Casa Luna dan Cooking school, yang merupakan
kelas memasak bagi turis asing yang ingin belajar berbagai makanan khas bali.
Sejak berdirinya Cooking School nama Casa Luna oleh pemiliknya diubah menjadi
Casa Luna Restaurant and Cooking School.
b. Fasilitas
1. Casa
Luna memiliki 4 stand, yaitu:
v Bakery,
merupakan stand pertama yang dapat kita jumpai saat memasuki restaurant ini.
Stand ini hampir sama dengan stand yang lainnya, di stand ini terdapat 6 table,
namum yang membedakan adalah di stand ini terpajang berbagi jenis kue dan roti
yang merupakan buatan langsung dari honeymoon bakery, oleh karena itu stand ini
dinamakan bakery. Letak restaurant yang berada di seberang jalan raya, dan
stand bakery yang merupakan stand pertama membuat tamu yang datang senang
berada di stand ini karena dapat melihat lalu lalang pejalan kaki maupun
kendaraan yang lewat di depan restaurant ini.
v Stand
A, disini terdapat 13 table. Stand A terletak di sebelah stand bakery. Dari
teras stand ini tamu dapat melihat aliran sungai mumbul yang terletak di bawah
sebelah selatan stand ini.
v Stand
B, stand B terletak di bawah stand A. tempatnya lebih luas dari pada stand yang
lainnya, terdapat 16 tab table. di sisi kiri terdapat sebuah BAR, dan sebuah
chasier di sebelah BAR. Di stand ini ada salah satu table yang sangat digemari
oleh tamu, karena table ini terletak di teras stand B yang menampilkan
pemandangan indah dan sejuk dari gemericik anak sungai mumbul dan pohon
bambu yang banyak tumbuh di sekitarnya.
v Stand
C, stand C tidak sering digunakan, karena biasanya hanya digunakan untuk rapat
kecil bagi tamu-tamu tertentu.
2. Fasilitas
lainnya, antara lain:
v Akomodasi,
restaurant ini menyediakan akomodasi bagi tamu yang akan pergi ke Indus
restaurant, honeymoon guest house, cooking school, ataupun BAR Luna.
v Di
restaurant ini tersedia sebuah BAR, dan Kitchen, dan ruangan untuk meeting.
v Meeting
Room, terdapat 2 ruangan untuk meeting yaitu di sebuah ruangan di sebelah stand
C, dan di Movie Room. Movie room dahulunya adalah tempat untuk menonton film,
dan diaplikasikan untuk menonton pertandingan piala dunia. Namun saat ini Movie
room tidak lagi dipergunaka untuk menonton film. Movie Room adalah ruangan
multi fungsi ,selain ruangan khusus untuk menonton, movie room juga sering
digunakan untuk rapat antara owner dan para staff.
v Sunday
Jazz Music, Casa Luna juga menyediakan pertunjukan musik jazz untuk para tamu
setiap hari minggu, mulai pukul 19.30 Wita sampai pukul 23.00 Wita.
c. Struktur
Organisasi Umun & Departement
d.
Job Schedule
Bulan
Mei
Tanggal
|
Shiff
|
28
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
29
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
30
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
31
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
Bulan juni
Tanggal
|
Shiff
|
1
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
2
|
OFF
|
3
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
4
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
5
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
6
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
7
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
8
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
9
|
OFF
|
10
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
11
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
12
|
E (evening
15.00-22.00)
|
13
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
14
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
15
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
16
|
OFF
|
17
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
18
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
19
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
20
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
21
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
22
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
23
|
OFF
|
24
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
25
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
26
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
27
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
28
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
29
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
30
|
OFF
|
Bulan juli
Tanggal
|
Shiff
|
1
|
E (evening
15.00-22.00)
|
2
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
3
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
4
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
5
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
6
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
7
|
OFF
|
8
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
9
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
10
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
11
|
M (morning
07.00-15.00)
|
12
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
13
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
14
|
OFF
|
15
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
16
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
17
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
18
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
19
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
20
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
21
|
OFF
|
22
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
23
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
24
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
25
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
26
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
27
|
M
(morning 07.00-15.00)
|
28
|
OFF
|
29
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
30
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
31
|
E
(evening 15.00-22.00)
|
Bulan agustus
Tanggal
|
Shiff
|
1
|
M (morning 07.00-15.00)
|
2
|
M (morning 07.00-15.00)
|
3
|
M (morning 07.00-15.00)
|
4
|
OFF
|
5
|
E (evening 15.00-22.00)
|
6
|
E (evening 15.00-22.00)
|
7
|
E (evening 15.00-22.00)
|
8
|
M (morning 07.00-15.00)
|
9
|
M (morning 07.00-15.00)
|
10
|
M (morning 07.00-15.00)
|
11
|
OFF
|
12
|
E (evening 15.00-22.00)
|
13
|
E (evening 15.00-22.00)
|
14
|
E (evening 15.00-22.00)
|
15
|
M (morning 07.00-15.00)
|
16
|
M (morning 07.00-15.00)
|
17
|
M (morning 07.00-15.00)
|
18
|
OFF
|
19
|
E (evening 15.00-22.00)
|
20
|
E (evening 15.00-22.00)
|
21
|
E (evening 15.00-22.00)
|
22
|
M (morning 07.00-15.00)
|
23
|
M (morning 07.00-15.00)
|
24
|
M (morning 07.00-15.00)
|
25
|
OFF
|
26
|
E (evening 15.00-22.00)
|
27
|
E (evening 15.00-22.00)
|
28
|
E (evening 15.00-22.00)
|
29
|
M (morning 07.00-15.00)
|
e. Kegiatan Training
Dalam operasional di restaurant, staff memiliki 2 shift, yaitu :
v Morning shift : 07.00 – 15.00 Wita
v Evening shift : 15.00 – 23.00 Wita
Begitu pula dengan seorang trainee, namun khusus bagi seorang
trainee. jika trainee mendapatkan shift sore (evening) dia hanya bekerja 7 jam
saja.
v Morning shift : 07.00 – 15.00 Wita
v Evening shift : 15.00 – 22.00 Wita
Hari pertama penulis di casa luna restaurant di awali dengan
briefing dari head, penulis diarahkan bagaimana cara bekerja sesuai dengan
standar yang telah di tentukan oleh pihak restaurant.
Urain kegiatan training penulis selama 3 bulan di casa luna
restaurant:
·
morning shift. Sebelum restaurant
di buka penulis mendapatkan tugas membantu senior preparing di stand yang sudah
di tentukan oleh Head, kegiatannya antara lain :
1)
Menyapu lantai.
2)
Mengepel lantai.
3)
Mengelap meja dan kursi serta
ditata dengan rapi.
4)
Menaruh table number, vas
bungan dan astray di setiap meja.
5)
Mempolish cutleries.
6)
Mengganti tempat salt dan
paper, karena tempat salt dan paper terbuat dari daun pisang maka setiap hari
harus diganti.
7)
Membuang sampah.
8)
Siap menerima tamu.
Setelah
selesai prepare, masing-masing staff dan trainee membagi diri, secara
bergantian kami akan mempersiapkan diri agar terlihat rapi dan menarik.
·
Adapun tugas-tugas penulis
yang dilakukan saat melayani tamu di restaurant, antara lain :
1)
Greeting the guest,
memberikan salam kepada tamu yang datang.
2)
Menanyakan tamu, meja mana
yang mereka sukai atau mereka inginkan.
3)
Mengantarkan tamu ke meja
yang telah mereka pilih.
4)
Membawakan menu list dan
drink list kepada tamu.
5)
Berikan tamu waktu yang
cukup untuk menentukan pilihan
makanannya.
6)
Mengorder pesanan tamu, dalam
mengorder ambilah dari tamu perempuan terlebih dahulu namun jika ada yang lebih tua dahulukanlah
mereka.
7)
Slip order yang asli di taruh
di chasier, sedangkan yang merah di kitchen dan yang biru di BAR.
8)
Menghidangkan minuman
terlebih dahulu. Sedangkan untuk makanan akan menyusul. Jika mereka memesan
untuk luch dan dinner maka urutkan makanan mulai dari appertizer sampai
dessert.
9)
Jika tamu sudah selesai
makan, clear up piring dan gelas yang telah selesai digunakan oleh tamu dan di
bawa ke steward.
10) Mengambilkan bill, jika telah di minta oleh tamu. Bill dapat
diserahkan menggunakan cover bill.
11) Bila tamu sudah meninggalkan restoran, bersihkan atau tata kembali
meja tamu seperti semula sesuai dengan standar set up yang telah ditenttukan.
12) Siap menerima tamu kembali.
·
Pergantian shiff
Pergantian
shiff dilakukan pada pukul 15.00 wita, biasanya sebelum pulang trainee atau
senior yang mendapatkan shiff pagi akan memberi penjelasan terlebih dahulu
tentang order tamu yang sedang makan di restaurant kepada senior yang
mendapatkan shiff sore.
·
Shiff sore
Kegiatan
pada evening shiff sama dengan morning shiff, tapi karena pada evening shiff
kita langsung mendapatkan tamu maka kegitan seperti menyapu, mengepel dan
mengelap meja harus di lakukan hati-hati. Jika tamu ramai sebaiknya kita tidak
dulu melakukan hal-hal tadi karena akan mengganggu kenyamanan tamu.
·
Menerima tamu meeting
Pada
tanggal 11 juni, penulis mendapatkan tugas membantu senior untuk menangani tamu
yang sedang meeting. Sama dengan menangani tamu seperti biasa, tapi tamu
meeting hari itu hanya memesan minuman. Selesai acara meeting penulis dan
senior merapikan kembali tempat meeting tadi. Diantaranya adalah mengambil
kembali botol-botol dan gelas-gelas sisa minuman dan mengatur kembali meja dan
kursi agar rapi kembali.
·
Buffe
Pada
tanggal 9 agustus stand B di tutup mulai pukul 12.00-23.00 wita karena akan ada
buffe pada hari itu. Persiapan untuk buffe di mulai pukul 12.00 namun penulis
hanya ikut dalam beberapa preparing pada saat itu, seperti menyapu dan mengganti
vas bunga karena penulis diberikan tanggung jawab untuk membantu senior di
stand A. buffe di mulai pukul 19.00, kebetulan pada hari itu penulis
mendapatkan morning shiff sehingga penulis tidak mengikuti jalannya acara buffe
tersebut.
BAB III
PENUTUP
a.
Kesimpulan
Berdsarkan
urain di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa :
-
Hotel ataupun Restaurant
merupakan tempat bagi trainee untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan skill
kerja sehingga siap memasuki dunia kerja di bidang pariwisata di masa yang akan
datang
-
Kegiatan on the job traning
adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para siswa karena para siswa dapat
membandingkan teori dan praktik yang didapatkan di sekolah maupun di
lapangan.
-
Siswa dapat mengetahui secara
langsung tentang bagaimana praktik kerja lapangan dan pekerjaan disebuah
industri pariwisata yang begitu pesat.
b.
Saran
1.
Saran kepada sekolah
-
Penggunaan bahasa asing
khususnya bahasa inggris didalam penyampaian materi diharapkan lebih
ditingkatkan lagi, agar nantinya siswa yang melaksanakan praktik kerja di dunia
industri pariwisata mempunyai kemampuan berbahasa asing yang memadai untuk
menangani para tamu.
2.
Saran bagi pihak restaurant
-
Diharapkan agar para senior
lebih memberikan kesempatan bagi para trainee dalam menangani tamu.
-
Bagi para senior dalam
membimbing para traineer sudah cukup baik, namun alangkah baiknya jika senior
juga memberikan kepercayaan bagi para traineer untuk bertanggung jawab atas apa
yang dikerjakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar